Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

Diposting pada
Lamaran Kerja Tulis Tangan
Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? 2

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan baru? Apakah Anda ingin membuat kesan yang baik pada calon majikan Anda? Apakah Anda ingin menunjukkan keterampilan dan kepribadian Anda dengan cara yang unik dan menarik? Jika jawaban Anda adalah ya, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan.

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat yang Anda tulis dengan tangan Anda sendiri, bukan dengan komputer atau mesin ketik. Surat ini biasanya dikirim bersama dengan resume atau CV Anda, atau diserahkan secara langsung kepada pihak yang berwenang. Surat lamaran kerja tulis tangan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan surat lamaran kerja biasa. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu surat lamaran kerja tulis tangan, mengapa Anda harus atau tidak harus menulisnya, dan bagaimana cara menulisnya dengan baik.

Apa itu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat yang ditulis dengan tangan Anda sendiri, menggunakan pena atau pensil, pada kertas yang bersih dan rapi. Surat ini berisi informasi tentang diri Anda, tujuan Anda melamar pekerjaan, kualifikasi dan pengalaman Anda, dan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar. Surat lamaran kerja tulis tangan biasanya berisi satu atau dua halaman, tergantung pada jenis pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar.

Surat lamaran kerja tulis tangan bukanlah hal yang baru atau langka. Sebelum adanya teknologi digital, surat lamaran kerja tulis tangan adalah cara yang umum untuk mengajukan diri untuk pekerjaan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, surat lamaran kerja tulis tangan mulai ditinggalkan dan digantikan oleh surat lamaran kerja yang diketik atau dicetak. Alasannya adalah karena surat lamaran kerja yang diketik atau dicetak lebih mudah dibuat, diedit, dan dibaca. Selain itu, surat lamaran kerja yang diketik atau dicetak juga lebih profesional dan formal.

Namun, surat lamaran kerja tulis tangan tidak sepenuhnya hilang. Masih ada beberapa pekerjaan dan perusahaan yang meminta atau menghargai surat lamaran kerja tulis tangan. Biasanya, pekerjaan dan perusahaan ini adalah yang berkaitan dengan seni, kreativitas, atau keterampilan manual. Contohnya adalah pekerjaan sebagai guru, penulis, desainer, atau seniman. Dengan menulis surat lamaran kerja tulis tangan, Anda dapat menunjukkan bakat dan gaya Anda dengan lebih jelas dan personal.

Mengapa Anda Harus atau Tidak Harus Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Seperti yang telah kami sebutkan, surat lamaran kerja tulis tangan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan surat lamaran kerja biasa. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus atau tidak harus menulis surat lamaran kerja tulis tangan:

Kelebihan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

  • Menunjukkan perhatian dan usaha ekstra. Dengan menulis surat lamaran kerja tulis tangan, Anda menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan serius dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga menunjukkan bahwa Anda bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk membuat surat yang rapi dan indah. Ini dapat memberi kesan positif pada calon majikan Anda, yang mungkin menganggap Anda sebagai orang yang berdedikasi, teliti, dan berinisiatif.
  • Menonjol dari pesaing. Dengan menulis surat lamaran kerja tulis tangan, Anda dapat menonjol dari pesaing Anda yang mungkin hanya mengirimkan surat lamaran kerja yang diketik atau dicetak. Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menarik perhatian dan membedakan Anda dari orang lain. Ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil untuk wawancara atau tes selanjutnya.
  • Menyampaikan kepribadian dan keterampilan Anda. Dengan menulis surat lamaran kerja tulis tangan, Anda dapat menyampaikan kepribadian dan keterampilan Anda dengan lebih baik. Anda dapat menggunakan gaya tulisan, warna, dan gambar yang sesuai dengan diri Anda dan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga dapat menunjukkan keterampilan Anda dalam menulis, berkomunikasi, dan berpikir kreatif. Surat lamaran kerja tulis tangan dapat merefleksikan siapa Anda dan apa yang Anda bisa lakukan.

Kekurangan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

  • Membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Dibandingkan dengan surat lamaran kerja yang diketik atau dicetak, surat lamaran kerja tulis tangan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Anda harus menyiapkan kertas, pena, dan alat tulis lainnya. Anda juga harus memastikan bahwa tulisan Anda rapi, jelas, dan tidak ada kesalahan. Anda mungkin harus menulis ulang beberapa kali jika ada yang salah atau kurang. Ini dapat membuat Anda lelah dan stres.
  • Berisiko membuat kesan negatif. Dibandingkan dengan surat lamaran kerja yang diketik atau dicetak, surat lamaran kerja tulis tangan berisiko membuat kesan negatif pada calon majikan Anda. Jika tulisan Anda buruk, sulit dibaca, atau berantakan, Anda mungkin dianggap sebagai orang yang malas, tidak profesional, atau tidak kompeten. Jika isi surat Anda tidak relevan, tidak logis, atau tidak sopan, Anda mungkin dianggap sebagai orang yang tidak berpengetahuan, tidak berbakat, atau tidak sopan. Jika Anda tidak mematuhi aturan atau format yang ditentukan, Anda mungkin dianggap sebagai orang yang tidak patuh, tidak disiplin, atau tidak peduli.

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik?

Jika Anda memutuskan untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Sesuaikan dengan pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar. Sebelum Anda menulis surat lamaran kerja tulis tangan, Anda harus mengetahui pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar dengan baik. Anda harus menyesuaikan isi, gaya, dan nada surat Anda dengan pekerjaan dan perusahaan tersebut. Anda harus menunjukkan bahwa Anda memahami visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda memiliki kualifikasi, pengalaman, dan minat yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.
  • Gunakan kertas, pena, dan alat tulis yang berkualitas. Anda harus menggunakan kertas, pena, dan alat tulis yang berkualitas untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan. Anda harus memilih kertas yang bersih, tebal, dan berwarna putih atau krem. Anda harus memilih pena yang nyaman, tahan lama, dan berwarna hitam atau biru. Anda juga harus mempersiapkan alat tulis lainnya, seperti penghapus, penggaris, dan gunting. Anda harus menghindari kertas yang kusut, tipis, atau berwarna terang. Anda juga harus menghindari pena yang bocor, pudar, atau berwarna mencolok.
  • Tulis dengan rapi, jelas, dan sopan. Anda harus menulis surat lamaran kerja tulis tangan dengan rapi, jelas, dan sopan. Anda harus menggunakan tulisan tangan yang mudah dibaca, tidak terlalu besar atau kecil, dan tidak terlalu miring atau lurus. Anda harus menggunakan bahasa yang baku, sederhana, dan efektif
  • Ikuti struktur dan format yang tepat. Anda harus mengikuti struktur dan format yang tepat untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan. Struktur surat lamaran kerja tulis tangan biasanya terdiri dari empat bagian, yaitu:
    • Bagian pembuka. Bagian ini berisi salam, perkenalan diri, dan tujuan Anda menulis surat. Anda harus menyebutkan nama, alamat, dan kontak Anda, serta nama, jabatan, dan alamat penerima surat. Anda juga harus menyebutkan pekerjaan yang Anda lamar dan sumber informasi yang Anda dapatkan. Anda harus menggunakan kata-kata yang sopan dan hormat, seperti “Yth.”, “Dengan hormat”, atau “Kepada”.
    • Bagian isi. Bagian ini berisi penjelasan tentang kualifikasi, pengalaman, dan alasan Anda melamar pekerjaan. Anda harus membagi bagian ini menjadi dua atau tiga paragraf, tergantung pada panjang dan kompleksitas surat Anda. Anda harus menulis dengan jelas, logis, dan persuasif, menggunakan fakta, contoh, dan bukti yang relevan. Anda harus menekankan kelebihan dan keunikan Anda, serta menunjukkan kesesuaian Anda dengan pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar.
    • Bagian penutup. Bagian ini berisi ucapan terima kasih, harapan, dan tindak lanjut yang Anda inginkan. Anda harus mengungkapkan rasa terima kasih Anda atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Anda juga harus menyatakan harapan Anda untuk mendapatkan tanggapan positif atau undangan untuk wawancara atau tes selanjutnya. Anda juga harus menyebutkan cara atau waktu yang tepat untuk menghubungi Anda. Anda harus menggunakan kata-kata yang sopan dan optimis, seperti “Terima kasih”, “Salam”, atau “Hormat saya”.
    • Tanda tangan. Bagian ini berisi tanda tangan dan nama lengkap Anda. Anda harus menandatangani surat Anda dengan pena yang sama dengan yang Anda gunakan untuk menulis surat. Anda harus menulis nama lengkap Anda di bawah tanda tangan Anda. Anda juga dapat menambahkan gelar atau jabatan Anda jika diperlukan.
      Format surat lamaran kerja tulis tangan biasanya mengikuti aturan-aturan berikut:
    • Gunakan margin yang sama di semua sisi. Anda harus menggunakan margin yang sama di semua sisi surat Anda, yaitu sekitar 2,5 cm atau 1 inci. Anda dapat menggunakan penggaris untuk membantu Anda membuat margin yang rata dan simetris. Anda harus menghindari menulis di luar margin, karena dapat membuat surat Anda terlihat berantakan atau tidak profesional.
    • Gunakan spasi yang sesuai. Anda harus menggunakan spasi yang sesuai antara baris, paragraf, dan bagian surat Anda. Anda dapat menggunakan spasi tunggal atau 1,5 untuk baris, spasi ganda atau 2 untuk paragraf, dan spasi tiga atau 3 untuk bagian. Anda harus menghindari menggunakan spasi yang terlalu rapat atau terlalu renggang, karena dapat membuat surat Anda terlihat padat atau kosong.
    • Gunakan huruf kapital dan titik dua untuk bagian pembuka dan penutup. Anda harus menggunakan huruf kapital untuk menulis nama, alamat, dan kontak Anda, serta nama, jabatan, dan alamat penerima surat. Anda juga harus menggunakan titik dua (:) setelah salam dan sebelum isi surat. Anda harus menghindari menggunakan huruf kecil atau tanda baca lainnya, karena dapat membuat surat Anda terlihat tidak formal atau tidak sopan.
    • Gunakan huruf miring dan garis bawah untuk menekankan kata-kata penting. Anda dapat menggunakan huruf miring (italic) atau garis bawah (underline) untuk menekankan kata-kata penting dalam surat Anda, seperti nama pekerjaan, perusahaan, atau keterampilan. Anda harus menghindari menggunakan huruf tebal (bold) atau coretan (strikethrough), karena dapat membuat surat Anda terlihat kasar atau tidak rapi.
  • Periksa dan perbaiki surat Anda sebelum mengirimkan. Anda harus memeriksa dan memperbaiki surat Anda sebelum mengirimkan. Anda harus memastikan bahwa tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau tanda baca dalam surat Anda. Anda juga harus memastikan bahwa isi, gaya, dan nada surat Anda sesuai dengan pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar. Anda dapat menggunakan kamus, buku, atau internet untuk membantu Anda mengecek dan memperbaiki surat Anda. Anda juga dapat meminta bantuan orang lain, seperti teman, keluarga, atau guru, untuk memberi Anda masukan atau saran.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan untuk pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris di sebuah sekolah dasar:

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SD Negeri 1 Mangkubumi
Jl. Mangga No. 1
Mangkubumi, Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rina Sari
Alamat : Jl. Melati No. 10
Kontak : 08123456789 / rinasari@gmail.com

Bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris di SD Negeri 1 Mangkubumi. Saya mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan ini dari situs web resmi sekolah.

Saya adalah lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2022. Saya memiliki IPK 3,75 dan sertifikat TOEFL dengan skor 600. Saya juga memiliki pengalaman mengajar bahasa Inggris di beberapa lembaga bimbingan belajar dan kursus. Saya memiliki keterampilan mengajar, berkomunikasi, dan berinteraksi yang baik dengan siswa. Saya juga memiliki kreativitas, inisiatif, dan motivasi yang tinggi untuk mengembangkan diri dan sekolah.

Saya tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris di SD Negeri 1 Mangkubumi karena saya mengagumi visi, misi, dan nilai-nilai sekolah. Saya juga ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa. Saya yakin bahwa saya dapat menjadi guru yang profesional, kompeten, dan berdedikasi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan resume, fotokopi ijazah, fotokopi sertifikat, dan pas foto terbaru saya. Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Saya siap untuk datang untuk wawancara atau tes kapan saja sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Salam,

Rina Sari

Kesimpulan

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat yang ditulis dengan tangan sendiri, bukan dengan komputer atau mesin ketik. Surat ini berisi informasi tentang diri, tujuan, kualifikasi, pengalaman, dan alasan melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja tulis tangan memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan surat lamaran kerja biasa. Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menunjukkan perhatian, usaha, kepribadian, dan keterampilan yang lebih baik, tetapi juga dapat membutuhkan waktu, tenaga, dan risiko yang lebih besar. Untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang baik, Anda harus memperhatikan hal-hal seperti penyesuaian, kualitas, kerapihan, struktur, format, dan pengecekan.

FAQ

  • Apakah surat lamaran kerja tulis tangan harus ditulis dengan tangan kanan atau kiri?
    • Surat lamaran kerja tulis tangan dapat ditulis dengan tangan kanan atau kiri, tergantung pada preferensi dan kenyamanan Anda. Yang penting adalah tulisan Anda harus rapi, jelas, dan mudah dibaca. Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada noda atau bekas tangan Anda pada surat Anda.
  • Apakah surat lamaran kerja tulis tangan harus dilampirkan dengan foto?
    • Surat lamaran kerja tulis tangan tidak harus dilampirkan dengan foto, kecuali jika diminta oleh pihak yang menerima surat. Jika Anda ingin melampirkan foto, Anda harus memilih foto yang terbaru, formal, dan profesional. Anda harus menghindari foto yang buram, gelap, atau tidak sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga harus menempelkan foto Anda dengan rapi dan rata pada surat Anda.
  • Apakah surat lamaran kerja tulis tangan harus dikirim melalui pos atau email?
    • Surat lamaran kerja tulis tangan dapat dikirim melalui pos atau email, tergantung pada ketentuan dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak yang menerima surat. Jika Anda mengirim surat lamaran kerja tulis tangan melalui pos, Anda harus memasukkan surat Anda dalam amplop yang bersih, tertutup, dan berlabel dengan alamat yang benar. Anda juga harus mengirim surat Anda dengan jangka waktu yang cukup agar sampai tepat waktu. Jika Anda mengirim surat lamaran kerja tulis tangan melalui email, Anda harus memindai surat Anda dalam format PDF atau JPG dengan resolusi yang baik. Anda juga harus menulis subjek dan isi email yang singkat, jelas, dan sopan. Anda juga harus mengecek email Anda secara berkala untuk melihat apakah ada balasan atau informasi tambahan dari pihak yang menerima surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *